Perkembangbiak Kumbang Kepik sahabat para petani

 

 

Macro photography kumbang kepik (Bintang Fadhil)
Macro photography kumbang kepik 2023 (Bintang Fadhil)

Kumbang koksi adalah kumbang kecil yang membentuk famili Coccinellidae. Mereka mudah dikenali karena penampilannya yang bundar kecil dan punggungnya yang berwarna-warni dan ada yang bermotif bintik. Serangga ini dikenal sebagai sahabat petani karena beberapa anggotanya memangsa serangga-serangga hama seperti kutu daun. Walaupun demikian, ada beberapa spesies koksi yang juga memakan daun sehingga menjadi parasit bagi tanaman.

Macro photography kumbang kepik (Bintang Fadhil)
Kepik melakukan perkawinan untuk berkembang biak. Terkadang ada 2 kepik yang memiliki corak warna berbeda, namun tetap bisa melakukan perkawinan dan berkembang biak secara normal karena masih berasal dari spesies yang sama. Kepik betina dari jenis kepik karnivora selanjutnya memilih tempat yang banyak dihuni oleh serangga makanannya agar begitu telur menetas, larva kepik mendapat persediaan makanan yang melimpah.
 
Macro photography kumbang kepik (Bintang Fadhil)

Di wilayah empat musim, jika kepik betina tidak  berhasil menemukan tanaman yang cocok hingga menjelang musim dingin, maka kepik betina akan menunda pelepasan telurnya hingga musim dingin usai. Kepik sebagai anggota dari ordo Coleoptera (kumbang) mengalami metamorfosis sempurna yaitu telur, larva, kepompong, dan dewasa. Telur kumbang kepik berbentuk lonjong dan berwarna kuning. Telur-telur ini biasanya menetas sekitar seminggu setelah pertama kali dikeluarkan. Larva  kepik umumnya memiliki bentuk tubuh panjang dengan diselubungi bulu, dan berkaki enam. Larva ini hidup dengan makan yang sesuai dengan makanan induknya dan ketika mereka bertumbuh semakin membesar, mereka melakukan pergantian kulit. Larva kepik yang sudah sampai hingga ukuran tertentu kemudian akan berhenti makan dan mulai memasuki fase kepompong pada usia dua minggu sejak pertama kali menetas. Kepompong ini biasanya menempel pada dedaunan atau ranting dan berwarna kuning dan hitam. Kepik dewasa selanjutnya akan keluar dari kepompong setelah sekitar satu minggu.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proyek PLN timbulkan kemacetan di jalan TB. Simatupang

Indah Kota Jakarta, dengan langit biru-nya yang dirindu